Rabu, 27 Juni 2012

Malaysia Klaim Tari Tortor

2 komentar
KU KUPAS TUNTAS-Malaysia kembali mengklaim hasil kebudayaan asli Indonesia menjadi miliknya. Sebelumnya, Malaysia pernah mengklaim sejumlah kesenian asal Indonesia sebagai milik mereka. Malaysia pernah menampilkan tari Pendet asal Bali dalam video iklan 'Enigmatic Malaysia' di Discovery Channel. Kali ini, negeri jiran itu akan memasukkan tari Tor-tor dan Gordang Sambilan sebagai peninggalan nasional mereka.
Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan EN Rotorasiko mengatakan kontroversi seputar rencana Malaysia untuk mendaftarkan budaya Batak, yakni tarian Tor-tor dan Gondang Sambilan, harus disikapi dengan bijaksana. Budaya asli Indonesia yang sering diklaim Malaysia seharusnya menjadi pecut untuk menghargai budaya Nusantara. Agar tidak terus menerus dirampas, pemerintah pun diminta mendaftarkan seluruh budaya ke badan PBB yang menanganinya, UNESCO.

Aksi malaisiya ini memancing reaksi keras dari masyarakat Indonesia. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu sempat marah atas klaim itu. Budayawan Malaysia juga menyesalkan klaim ini. Namun, Malaysia berkilah iklan pariwisata itu yang membuat bukan negaranya, melainkan pihak Discovery Channel.
Namun demikian hendaknya kita semua bangsa Indonesia jangan terpancing emosi, kita gunakan akal untuk menanggulangi semua itu, banyak kekurangan yang harus kita benahi agar tidak lagi menjadi permainan bangsa lain. Banyak PR yang menunggu kita seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk berbenah menyongsong kehidupan yang jauh lebih baik lagi. Tidak hanya sekali dua kali bangsa kita kecolongan budaya yang diklaim oleh bangsa Malaysia ( Malingsia ) seperti tari pendet, reog ponorogo dan masih banyak lagi kasus yang lain dan apabila kita meminta kejelasan dari bangsa Malaysia, mereka selalu beralasan tidak pernah meng klaim atau banyak alasan yang mereka kemukakan. Saya tidak ada maksud untuk melakukan provokasi, akan tetapi bukan tidak mungkin Malaysia menjajah Indonesia lewat kebudayaan.


2 komentar:

  1. heeeeem geram bgt ngliyat tingkah malaysia......
    kurang ajar bgt sih ntu negara, mau nya apah coba..>_>

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitu lah, negara islam namun tidak mencerminkan ke ISLAMannya....

      truz bagaimana tindakan kita sebagai penerus bangsa....???

      Hapus